Pengalaman Psikotest di PT.Kalbe Farma (Dept. Fima)

Setelah sekian lama ngga nulis blog, akhirnya nulis lagi HEHE
Jadi ini adalah pengalaman gue saat mengikuti psikotest di PT. Kalbe Farma (Dept. Fima)

Sebelumnya gue ngirim surat lamaran dan CV melalui email untuk posisi Medical Representative (MedRep), dan dapat balasan berupa panggilan untuk mengikuti psikotest di PT. Kalbe Farma yang berada di Cempaka Putih tanggal 8 Januari 2019. H-1 test gue cari informasi mengenai jobdesc MedRep, pas tau gimana jobdesc nya gue nyesel dong wak wkwk. Mengutuk diri gue sendiri si sebenernya, harusnya mah sebelum ngelamar cari informasi mengenai jobdesc yang akan dilamar. Karena MedRep itu ternyata mempromosikan produk-produk perusahaan kepada dokter/apoteker yaa sebelas duabelas sama sales, cuma ini dalam bidang farmasi aja.

Singkat cerita, dengan segala kegundahan yang ada akhirnya gue dateng tuh ke kalbe. Berangkat dari rumah jadi 5:30, jam 6:15 udah sampai, alhamdulillah belum terlalu macet jalanan jakarta jam segitu. Dan test gue mulai pukul 7:30 (seharusnya). Pas jam 6:15 baru gue doang yang sampai, akhirnya disuruh satpam nunggu dulu di lorong. Jam 7an gitu baru banyak yang dateng, terus kenalan sama beberapa kandidat lain. Sambil nunggu di panggil, ternyata ada kandidat yang pernah jadi MedRep di perusahan lain, terus katanya capek karena pekerjaannya mobile gitukan. Kadang juga gatau waktu, karena harus nunggu dokter melayani pasien. Kalau dokternya baru selesai melayani pasien jam 12 malem, ya kita mau gamau karena on target juga harus nungguin tu dokter sampe jam 12 malem juga wak :( sad ngga tuh. Makin setengah hati lagi kan gue buat ikutan psikotestnya. Dan emang udah kepikiran, gimana pun caranya gue harus ngga lolos psikotest wkwk. Pemikiran bodoh banget emang.

Akhirnya jam 7.15 kita di arahin ke gedung pusat buat ambil kartu visitor dengan menukarkan KTP kita. Setelah itu jam 7.30 baru diarahin ke lokasi psikotestnya di gedung Ziebart lt.1. Terus ada briefing sedikit dengan HRD sebelum mulai testnya. Dan untuk test dari kalbe ini sistem gugur, jadi dalam satu hari langsung dibabat langsung wak sampe interview hrd/user. Urutannya itu, psikotes-interview hrd-interview user (hanya untuk posisi tertentu)-medical check up. Untuk MCU nya itu sekitar 2 minggu kemudian.

Gue cukup suka si sama psikotest yang di selenggarain sama kalbe, karena tiap-tiap tipe soal ada waktunya sendiri. Test nya itu ada logika, penalaran, bilangan deret, pauli dan warteg. Yang paling lama itu test pauli si karena seukuran A3 ampe pegel tangan hayati, kalo warteg kayanya cuma 15 menit. Dan test warteg itu ngga berpengaruh untuk menentukan ke tahap interview, karena setelah test warteg langsung diumumin siapa aja yang lolos untuk tahap interview JENGJENG.

Alhamdulillah sesuai dengan doa, gue ngga lolos untuk tahap interview hrd WKWK, setelah itu gue langsung pulang dan pamitan dengan kandidat lain. Oiya kurang lebih ada 15 kandidat, dan yang ngga lolos ada 5 orang terumasuk gue wkwk.

Sekian pengalaman gue selama mengikuti psikotest di kalbe wahai kalian kaum jobseeker wkwk goodluck untuk yang mau mengikuti psikotest dimanapun


Komentar

  1. Nice article. Hay, I'am at @eksordium. Let's keep writing without ads interruption like on other social media.

    BalasHapus
  2. Mbak mau nanya dong itu test nya selesai jam brp ya? Saya tgl 22 dipanggil tes jg nih

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Haha, lucu juga denger cerita mbanya. Tapi kenapa mesti datang mba kalau memang udah setengah hati dari awal? kan buang-buang waktu, tenaga, dan uang.

    BalasHapus
  5. Saya baru ikut interview kalbe, ibu hrd nya bilang, nunggu 2minggu..
    Nah teman sy yg tes juga hari ini ternyata, selesai interview..dia langsung psikotes..
    Apakah artinya sy tidak lolos?
    Mohon pencerahannya bagi yg tahu..thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gimana kak? Apakah yg nunggu 2 minggu beneran dipanggil atau gimana? Soalnya saya juga disuruh tunggu 2 minggu

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Treatment dan Konsul di Airin Beauty Care Kemang

Manfaat Proposal